Belanja Dimana Saat Musim Haji dan Umroh ?

Belanja Dimana Saat Musim Haji dan Umroh ?

Pasar ini sudah terkenal dari tahun 1990 hingga tahun 2000an, banyak jamaah haji asal Indonesia yang juga belanja di sini. Namanya pasar Seng, disini ada banyak oleh-oleh khas Arab Saudi yang dapat Anda bawa pulang ke tanah air. Mulai dari makanan, minuman hingga kebutuhan sandang yang dapat Anda perolah dengan harga miring.

Kenangan tinggal kenangan pada tahun 2008 pasar ini mengalami gusur oleh pemerintah Arab Saudi, guna untuk perluasan Masjidil Haram, dan mulai saat itu pasar seng digantikan dengan pasar Sauq atau biasa dikenal dnegan sebutan pasar Jafaaria, ada harga grosir yang ditawarkan di pasar ini membuat jamaah haji atau umroh ketagihan kembali belanja disini.

Lokasinya tidak jauh dari Masjidil Haram kurang lebih sekitar 1 kilometer, pasar Jafaaria berada di lantai dasar. Tidak hanya jamaah asal Indonesia saja yang berburu oleh-oleh disini tapi juga jamaah dari belahan bumi lain juga ikut tumpah disini.

Bayangkan saja dengan berbagai macam barang yang bisa Anda dapatkan sebagai buah tangan seperti, hijab, koko, gamis, pernak-pernik aksesoris, kopiah. Ditambah bagi Anda yang suka ngemil bisa mendapati berbagai olahan cemilan khas Arab Saudi seperti, aprikot, buah tin, kurma, olahan kacang-kacangan, kismis dan masih banyak lagi.
Jika belum menawar hingga mendapatkan harga yang pas rasanya belum afdol, yaa… di pasar Jafaaria bisa Anda tawar harganya, tidak perlu khawatir soal bahasa, saat proses tawar menawar karena penjual disini juga bisa menggunakan bahasa Indonesia dalam hal angka.

Perbandingan yang cukup lumayan, contohnya harga sorban yang dijual di toko biasa dijual 15 hingga 20 riyal, sedang di pasar Jafaaria menawarkan harga 8 riyal dengan minimum pembelian 1 lusin. Jika, Anda ingin membeli satuan akan mendapati di harga 5 riyal akan hemat 5 riyal dari harga yang di jual toko lain. Namun, ada cerita harga akan berubah di hari yang lain dengan kualitas atau model barang yang di beli dalam satu toko yang sama. Loh kok gitu ? Iya balik lagi pintar-pintarnya kita sebagai pembeli dalam menawar.

Ada barang ada uang begitu istilahnya

Setiap barang yang dibelikan kembali lagi pada kualitas yang Anda butuhkan, mulai dari rendah atau biasa-biasa saja, menengah sampai ada yang kualitas tinggi. Setelah menunaikan keinginan berbelanja jangan lupa waktu shalat ya Sobat Royal! sama dengan toko-toko lainnya di pasar Jafaaria setiap datangnya waktu shalat semua toko akan di tutup sementara selama 20 hingga 30 menit.

Disarankan saat belanja di pasar Jafaaria sebaiknya pada waktu pagi atau sore hari, karena jika siang hari udara lumayan terik. Suhu bisa mencapai 40 hingga 42 derajat celcius.

Ada 5 tips yang mau Royal Indonesia bagikan untuk Anda dalam berburu oleh-oleh di Mekkah maupun Madinah
1. Membuat daftar belanjaan
Hal ini penting banget Anda buat, mengantisipasi over budget saat belanja, memudahkan Anda dalam berbelanja dan tidak bingung saat tiba di pasar oleh-oleh.
2. Membawa uang cash
Beberapa toko juga menyediakan mesin EDC untuk pembayaran, tapi tidak salahnya jika Anda untuk membawa uang cash mengingat akan banyak sekali jamaah haji atau umroh yang juga belanja.
3. Mengetahui lokasi pasar
Daftar belanjaan yang sudah kamu buat dan budgeting sebelumnya akan memudahkan kamu untuk mencari tahu detail pasar yang ingin kamu kunjungi.
4. Jangan berpakaian yang berlebihan
Biasanya pedagang Arab Saudi mudah mengetahui bahwa orang tersebut berduit banyak atau tidak. Jadi, biasa-biasa aja ya Sobat Royal disayangkan jika Anda berpakaian yang mencolok bisa jadi, dapat harga yang relatif mahal dan ngga bisa nego alias nawar.
5. Berbahasa Arab
Bisa berbahasa Arab bisa sangat menguntungkan kalian dalam bertransaksi, menambah keakraban. Tidak perlu fasih tapi tahu, misalnya dengan menanyakan harga gami “Assalamualaikum, berapa untuk harga satu gamis ini ?”
Berikut referensi dan tips yang dapat kami bagikan, semoga dapat membantu dan memudahkan Anda dalam pemburuan oleh-oleh khas Arab Saudi.

Sobat Royal Indonesia calon jamaah haji atau umroh yang dimuliakan Allah Subhanahuwata’ala, kembali lagi pada tujuan utama kita ke Mekkah dan Madinah yaitu beribadah. Bukan seberapa banyak barang belanjaan yang Anda beli tapi seberapa banyak keutamaan yang bisa Anda bawa ke tanah air.

Untuk info paket umroh dan haji bisa hubungi Royal Indonesia Travel di 0822-188-188-01 atau klik www.RoyalIndonesia.Id

Semoga Allah mudahkan langkah kita, Aamiin Allahuma Aamiin..

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Bisa kami bantu?